January 3, 2012

Review Perumahan : Greenland Forest Park


Mengusung Konsep Green Resident, Perumahan yang berlokasi di daerah sawangan ini mempunyai konsep dan design yang lumayan bagus. Sistem sirkulasi dan aksesibilitasnya di desain untuk membangun komunitas. Jalan-jalan perumahan juga di desain dapat digunakan sebagai ruang publik selain juga dikembangkan berbagai fasilitas sosial seperti masjid, kolam renang yang tidak terlalu besar, lapangan tenis, food park, perpustakaan, taman baca dan taman bermain anak, serta jogging & bicycle track (berbagai fasilitas ini saat ini sedang dibangun).

Rumah yang ditawarkan bervariasi mulai dari tipe 38, 46, sampai 65. secara sekilas, ketiga tipe tersebut mempunyai konsep desain yang sama.

Untuk tipe 38 dan 46, terdiri dari halaman depan dengan teras dan tempat parkir mobil terbuka / car port, 2 kamar yang berdampingan di salah satu sisinya, 1 buah kamar mandi, dan dapur yang di desain terbuka di bagian belakang rumahnya, sehingga bila anda berencana beli rumah ini, minimal sediakan sebagian uang untuk membangun dapur di bagian belakang, kecuali anda ingin dapur anda dalam keadaan terbuka :D

Kamar mandi / WC di desain minimalis a.k.a tidak terlalu besar dan luang dengan menempatkan kloset duduk serta satu buah shower dengan lantai keramik, dan batu kali di bawah showernya.

Selain itu terdapat 2 kamar tidur dengan ukuran kamar yang sama yang menghadap ke depan (car port) dan belakang (taman belakang). Oleh karenanya, apabila anda berencana membangun bagian belakang rumah ini, harus pintar-pintar mengatur sirkulasi udara, terutama pada kamar bagian belakang, mengingat sirkulasi udara akan sangat menentukan sehat tidaknya rumah anda.

Terkait dengan tetangga sebelah, pada bagian rumah yang berimpit dengan bagian belakangnya,hanya dipisahkan oleh tembok yang tidak begitu tinggi. Sekali lagi, apabila anda membangun bagian belakang rumah anda, jadi sebaiknya anda juga memperhatikan sirkulasi udara dan cahaya rumah tetangga bagian belakang rumah anda.

Untuk sistem drainase dan pengelolaan limbah cair rumah tangga, menurut informasi perumahan ini menggunakan sistem septik tank, dan sistem drainase yang cukup baik. Bagian belakang rumah juga dilengkapi dengan pipa air pembuangan sehingga menghindari bagian belakang rumah untuk tergenang.

Sekarang kita sedikit membahas kawasan di sekitarnya,
kawasan permukiman ini memang sedikit jauh dari pusat kota dengan jalur utama yang padat (jalur ciputat-sawangan-parung). Untuk yang bekerja di jakarta memang sedikit tidak nyaman karena jarak dan waktu tempuh yang harus dilalui sangat panjang. Sebenarnya ada jalan tembus melalui belakang perumahan, namun selain sedikit memutar, jalan ini juga kurang nyaman dilalui. Yang jelas, anda harus menyediakan beberapa pengeluaran lebih untuk bensin kendaraan anda :)

Menurut informasi, perumahan ini nantinya berencana akan menyediakan angkutan perumahan menuju pusat kota. tetapi lagi-lagi, angkutan terjadwal tentu akan menyulitkan bagi sebagian orang yang tidak bekerja dengan jadwal kerja "normal". Dan apabila harus menaiki kendaraan umum, anda harus berjalan cukup jauh dari jalan utama menuju perumahan karena perumahan ini terdapat aga masuk ke dalam (harus melalui jalan kecil lagi dari jalan parung).


Satu hal yang baik dari kawasan di sekitar perumahan ini adalah banyaknya retail dan jasa untuk membantu kebutuhan rumah tangga yang banyak berkembang di sekitar kawasan ini. Hal ini karena disekitar kawasan ini sebelumnya telah tumbuh perumahan-perumahan sehingga memicu pertumbuhan ekonomi retail dan jasa di sekitar perumahan.

untuk tambahan, mungkin anda akan sedikit kesulitan melalui jalan di depan perumahan. Dengan lebar jalan kira-kira 2 mobil (mepet), saya memperkirakan dalam satu tahun ke depan akan sulit mengakses jalan ini terutama pada pick hour. Perkiraan ini dengan memperhitungkan banyaknya komplek permukiman yang saat ini dibangun pada ruas jalan feeder tersebut. Kondisi saat ini, sebagian jalan adalah jalan aspal dengan kondisi berlubang, dan jalan batu serta tanah dengan penerangan yang minim. Sehingga berpotensi rawan apabila malam hari.

Unek-unek saya (penulis-red),
selain masih menunggu mungkin rencana penerangan dan peningkatan kualitas serta pelebaran jalan feeder di depan perumahan, saya mengapresiasi pihak marketing perumahan yang cukup kooperatif. Namun tidak dengan bagian legalnya. padahal bagian inilah yang mengurus finalisasi penyerahan rumah anda. Yang jelas, dengan sistem pembelian yang menggunakan sistem indent (pembangunan dilakukan setelah pembayaran), anda harus memastikan setiap detail rumah sesuai dengan yang dijanjikan.



-Salah satu pembeli rumah di Greenland-

7 comments:

  1. selamat mic, wah udah punya rumah sendiri nih,,
    ulasan yang menarik, dibayar berapa nih?? hehee..
    sukses dengan rumah barunya.. jangan lupa undang saat syukurannya yah.. :D

    ReplyDelete
  2. iya bud, tapi belom ak tempatin, belom serah terima, ya itu bagian legalnya njelehi wkwk :p

    insyaAllah tar nek syukuran kalo ada rejeki ya hehehe :p

    ReplyDelete
  3. alamat jelasnya perumahan ini dijalan apa ya mas, saya cari di google map.. agak susah yah.. mohon pencerahannya. terimakasih banyak.

    ReplyDelete
  4. lebih jelasnya silahkan lihat di web resminya : http://www.greenland-forestpark.com :)

    ReplyDelete
  5. Komplek ini banyak premannya bahkan sampai sekarang, premannya adalah satpam suka minta uang org yg masuk komplek.. JANGAN BELI RELIFE deh pokoknya.. dijamin ga tenang tinggal disitu…

    ReplyDelete
  6. Komplek ini banyak premannya bahkan sampai sekarang, premannya adalah satpam suka minta uang org yg masuk komplek.. JANGAN BELI RELIFE deh pokoknya.. dijamin ga tenang tinggal disitu…

    ReplyDelete

diharapkan dapat meninggalkan identitas untuk comment : facebook/blog/personal webpage/email etc. :) and thanx for ur comment :)